11 Tokoh Gereja Raih Doktor Theologi

Inaugurasi Doktoral Universitas of Jerusalem dan Wisuda Sarjana Theologia STT Misi’ William Carey
Universitas of Jerusalem menobatkan sekitar 11 tokoh gereja di Sumut menjadi Doktor Theology dan Ministry bersama STT Misi’ William Carey Medan masing-masing mewisuda 7 Sarjana Theologia di Restoran Avia Samudera Jalan Padang Golf No 1 Medan Polonia pada hari Senin (10/10).

Acara ini diawali dengan ibadah oleh Pdt Derisna Hutagalung, STh dan dipadu oleh Ir PM Ompusunggu MPd. Doa pembukaan oleh Pdt David Mariepan M Min dan renungan disampaikan hamba Tuhan dari India, Rev Prof Dr Albert Jayasingh PhD yang juga President of Universitas of Jerusalem.

Dalam acara wisuda lagu Indonesia Raya dipimpin Ernita Bali dan sidang terbuka dipimpin oleh Ketua STT Misi’ William Carey Medan Drs VM Siringo-ringo MTh DTh yang sekaligus melantik ketujuh para wisudawan menjadi Sarjana Theologia. Selanjutnya masing-masing tokoh membacakan disertasi dan inaugurasi Doktoral Rev Prof Dr Albert Jayasingh PhD.

Selain itu doa penyerahan dan pengutusan oleh dosen-dosen STT Misi’ William Carey yang doanya dipimpin oleh Gembala Sidang Gereja Elim Kristen Indonesia (GEKI) : Pdt David Mariepan, M.Min. Dan kata sambutan masing-masing disampaikan mewakili wisudawan oleh Wenny Apriyana Waruwu, STh dan Rev Dr Robert Benedictus, MA. Dalam kesempatan ini Rev Dr Robert Benedictus dari GSJA CWS mengaku bersyukur diberikan kesempatan untuk meraih gelar Doctor of Theology dan memiliki misi untuk memanfaatkannya untuk kemajuan pelayanan pada masa mendatang.

Kata sambutan dari  Ketua Yayasan STT “Misi” William Carey, Pdt Octavianus Nathanael BTh M Min. Dalam sambutannya putra almarhum Rev DR Nathanael Mariepan STh MA ini mengatakan merasa terhormat secara institusi dapat menobatkan sekitar 11 tokoh gereja di Sumut menjadi Doktor Theology dan Ministry. Sekaligus melantik tujuh mahasiswa STT Misi’ William Carey Medan menjadi Sarjana Theologia. “Ini merupakan impian dan cita-cita almarhum bapak Rev DR Nathanael Mariepan STh MA agar para tokoh gereja di Sumut dan tanah air memperoleh gelar doktor untuk kemajuan pelayanan,” ujarnya.

Sementara itu mewakili orang tua wisudawan oleh Herman Zalukhu dan Ketua STT  Misi’ William Carey Medan Drs VM Siringo-ringo, MTh DTh. Mewakili undangan oleh Ketua Sumatera Berdoa JA Ferdinandus dan Bimas Kristen Sumut, Hasudungan Simatupang MTh.

Acara ini dihadiri ratusan undangan yang berasal dari keluarga wisudawan dan para Hamba Tuhan dari lintas denominasi gereja. Hadir Ketua Sumatera Berdoa JA Ferdinandus, Sekretarisnya Wati Simamora SSos dan Bendehara Pdt Lucas Timotius bersama tokoh muda Binsar Simatupang SE MM dan Ketua PGPI Kota Medan Pdt Samuel Ghozaly.

Tokoh gereja yang dinobatkan menjadi Doktor Theology dan Ministry masing-masing Pdt DY Surbakti—Doctor of Theology dari GPdI, Pdt Paul Wakkary—Doctor of Ministry dari GPdI, Pdt Robert Benedictus—Doctor of Theology dari GSJA CWS, Pdt Domianus— Doctor of Ministry dari GIKI, Pdt SM Panggabean— Doctor of Ministry dari GPDI, Pdt SM Tampubolon— Doctor of Ministry dari GPDI, Pdt Pilipus Purba— Doctor of Ministry dari GKJB, Pdt Chandradinata— Doctor of Ministry dari GPPS Jemaat Aceh, Pdt Samson Ho— Doctor of Ministry dari GBI, Pdt Baginda Nainggolan— Doctor of Ministry dari GTD dan Pdt Elia Ginting Suka— Doctor of Ministry dari Yayasan Amanat Agung Medan.

Sementara itu tokoh muda Binsar Simatupang, SE, MM mengatakan turut bangga karena tokoh gereja di Sumut dinobatkan menjadi Doktor oleh Universitas of Jerusalem termasuk Pdt Paul Wakkary—Doctor of Ministry dan Pdt DY Surbakti—Doctor of Theology yang masing-masing Hamba Tuhan dari GPdI. Dinobatkannya tokoh gereja tersebut merupakan spirit bagi kaum muda untuk semakin semangat dalam pelayanan. “Kita bangga dan termotivasi dalam usia yang tidak lagi muda tokoh gereja tersebut masih menyempatkan diri untuk mengikuti pendidikan dan menulis disertasi untuk meraih gelar Doktor, urai Wakil Ketua DPD GAMKI Sumut yang katanya akan berupaya meneladani kegigihan tokoh tersebut.

Selain itu STT Misi’ William Carey Medan juga membuka Program Pasca Sarjana atau S-2 dengan Magister Teologi, Master Divinity dan Master Misiologi bekerjasama dengan St Joseph University, India menggelar perkuliahan perdana yang akan dibimbing langsung oleh Rev Dr Amos Jayarathnam dari Singapura pada 18-22 Oktober mendatang di kampus STT “Misi” William Carey di Medan. Selain itu STT “Misi” William Carey juga membuka pogram S-1 Teologia Kependetaan dimana perkuliahan semester ganjilnya telah dimulai namun masih terbuka kesempatan untuk mendaftar secara gratis.

Tempa Misionaris
Sekolah Tinggi Theologia ‘Misi’ William Carey Medan berhasil mendukung pelayanan Universitas of Jerusalem, India dalam memperlengkapi mahasiswanya menjadi misionaris dan pengkotbah yang andal dan alkitabiah dalam menjalankan amanat agung Yesus Kristus. Angkatan pertama untuk gelar Doktor akan mewisuda sekitar 11 Tokoh Gereja di Sumut bersama 7 Sarjana Theologia di Restoran Avia Samudera Jalan Padang Golf No 1 Medan Polonia pada hari Senin (10/10).

Ketua Yayasan STT “Misi” William Carey, Pdt Octavianus Nathanael BTh M Min, Program Pasca Sarjana atau S-2 dengan Magister Teologi, Master Divinity dan Master Misiologi bekerjasama dengan St Joseph University, India akan membuka perkuliahan perdana yang akan dibimbing langsung oleh Rev Dr Amos Jayarathnam dari Singapura pada 18-22 Oktober mendatang di kampus STT “Misi” William Carey di Medan. Selain itu STT “Misi” William Carey juga membuka pogram S-1 Teologia Kependetaan dimana perkuliahan semester ganjilnya telah dimulai namun masih terbuka kesempatan untuk mendaftar secara gratis. (rahel sukatendel)

Berita terkait: