Tingkatkan Iman, Amal dan Ikhlas

TEBING TINGGI- Ustadz Syahrinal Azhari Lubis mengajak umat muslim untuk bisa meningkatkan iman, amal dan keikhlasan dalam kehidupan sehari-hari. Tauziyah ini ia sampaikan, pada saat mengisi ceramah agama memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1433 Hijriah yang dilaksanakan Kantor PTPN 3 Gunung Pamela, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdangbedagai Kamis (28/6) kemarin.

“ Marilah kita menengok kembali makna dari kata ikhlas, dalam kehidupan kita khususnya dalam melaksanakan amalan di dunia ini. Amal adalah perbuatan, tidak terkhususkan hanya pada perbuatan yang baik tapi dapat juga berupa perbuatan buruk atau amal yang buruk. Karena itu, amal haruslah dilengkapi dengan iman dan ilmu sehingga ia dapat menjadi amal yang baik,” terang Ustad Syarinal.

Masih  menurut  tauziah ustadz Syahrinal Azhari, ikhlas merupakan dasar utama dari perbuatan atau amal yang baik. Ikhlas memiliki makna berupa pengabdian yang bersih suci hanya untuk Allah  SWT semata, jadi amal yang dilakukan semata-mata dilakukan untuk mengharapkan ridha Allah . “Hal ini didasari oleh keimanan kita yang kemudian berwujud ke dalam rasa cinta kita kepada Allah untuk kemudian direfleksikan dalam amal perbuatan yang baik,” jelasnya dihadapan ratusan jamaah.

Lanjut Ustadz, jika kita perhatikan Al Qur’an surat  Al Ikhlas, tidak terdapat kata ikhlas dalam ayat-ayat dari surat ini, tetapi makna ikhlas disini merupakan gambaran dari pemusatan setiap gerak dan langkah kita hanya kepada Allah. “Katakanlah, Dialah Allah yang Maha Esa”, ayat ini mengandung makna yang sangat dalam, disini terkandung nilai murni dari tauhid. Hanya kepada Allah lah tujuan kita, jelas Syahrinal.

Sementara itu, Manajer PTPN 3 Kebun Gunung Pamela, H Tambal Siregar mengajak seluruh karyawan di perkebunan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari agar bisa menerapkan prinsip keikhlasan , dan ini menurutnya tidak akan dapat kita capai tanpa keimanan kita kepada Allah. “Keihklasan akan membawa kita kepada kebaikan dalam perbuatan, membuat mata hati kita menjadi terang sehingga memudahkan kita dalam memahami suatu peristiwa dan membuat jiwa menjadi tenang,”kata Tambal Siregar.

Lanjut Tambal, karena itu saudara saudaraku, marilah kita berdoa agar Allah  selalu memberikan keimanan di hati kita, memberikan taufiq dan hidayahnya kepada kita sehingga keihklasan kita dalam beramal selalu terjaga dan Allah selalu memberikan rahmat-Nya sehingga kita memiliki akhlaqul karimah,” harap Tambal Siregar. (mag-3)

Berita terkait: