Modifikasi Celana Jeans Menjadi Jaket

Jeans merupakan salah satu yang difavoritkan untuk menjadi produk fashion, seperti celana maupun jaket. Baik untuk kaum hawa maupun
kaum adam.

Tak heran bila produk ini disenangi, mengingat bahan ini memberikan kesan santai namun elegan dan rapi. Selain itu, jeans memiliki kelebihan lain, seperti tahan lama dimana keawetannya bisa mencapai 5 tahun. Dan tebal, sehingga nyaman untuk digunakan.

Bahan jeans yang tebal ini termasuk sulit disimpan. Karena harus memiliki ruangan khusus. Kalau dibuang sayang, karena tahan lama. Nah, bagaimana memodifikasi produk fashion dari jeans?
Akan lebih mudah, bila memodifikasi fashion berbahan jeans dari celana ke jaket. Apalagi, bila celana tersebut memiliki panjang hingga 2 meter.

Nah, menurut Aidil, salah satu pengusaha konveksi Jeans di daerah Sukaramai, merombak celana menjadi jaket termasuk gampang-gampang sulit. Selain dibutuhkan keahlian, alat untuk menjahit kembali juga harus khusus. “Jarum untuk menjahit jeans itu khusus. Harus tahan, karena jeans kan tebal. Kalau jarus biasa digunakan bisa cepat patah,” ungkapnya.

Berikut tips untuk merobak celana jeans menjadi jaket jeans.

  1. Lepas jahitan depan dan belakang jeans. Terutama untuk detail celana yang tebal, seperti kantong tempel atau hiasan lainnya.
  2. Untuk memudahkan perombakan, pilih celana yang potongan bawahnya besar. Jangan yang bawahnya potongan skinny atau pinsil, karena akan semakin sulit untuk menentukan jahitan.
  3. Satukan atau jahit bagian-bagian yang dipotong menjadi satu lembar maksimal dua meter. Kemudian, potong pola seperti model jaket yang diinginkan.
  4. Jahitlah potongan bahan dari pola-pola tersebut menjadi sebuah jaket.

Nah, bila merasa tidak sanggup untuk membongkar. Silahkan ke penjahit khusus jeans. (ram)

Berita terkait:

FEATURE