Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKom) Medan

Bisa Daftar di Kantor Pos, Berhadiah Laptop

ANDA berminat mendalami Ilmu Komputer? Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKom) Medan yang berada di Jalan Iskandar Muda Nomor 45 depan Kantor Pos Pringgan Medan dan Jalan Pertahanan Nomor 19 Kompleks Ruko Amplas Medan dapat jadi pilihan Anda.

KERJA SAMA: Ketua Yayasan AMIKom Tenang Malem bersama Gubsu H Gatot Pujo Nugroho   Dirut PT Pos Indonesia.//DEDDI MULIA PURBA/SUMUT POS

KERJA SAMA: Ketua Yayasan AMIKom Tenang Malem bersama Gubsu H Gatot Pujo Nugroho dan Dirut PT Pos Indonesia.//DEDDI MULIA PURBA/SUMUT POS


STIKom memiliki lima program studi Strata-1 dan Diploma-3 yakni S-1 Sistem Informasi, S-1 Teknik Informatika, S-1 Sistem Komputer, D-3 Teknik Komputer dan D-3 Manajemen Informatika. Di STIKom juga dibuka kelas eksekutif Jumat dan Sabtu.

‘’Semua prodi di STIKom Medan ini sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),’’ kata Ketua Yayasan AMIKom selaku pengelola STIKom Tenang Malem Tarigan di Medan, Minggu (23/6).

Tenang mengatakan, calon mahasiswa dapat mendaftarkan diri melalui kampus STIKom atau melalui kantor-kantor pos di Sumut sehingga akan memudahkan lulusan Sekol;ah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) untuk melanjutkan jenjang pendidikan S-1 dan D-3. ‘’Bagi para calon mahasiswa tahun akademika 2013/2014 yang sudah melunasi uang kuliah akan mendapatkan satu laptop baru,’’ katanya.

Ia merinci, lulusan S-1 Teknik Informatika bertujuan menyiapkan tenaga kerja potensial yang mampu menguasai analisa dan teknik optimalisasi perangkat lunak sistem serta memiliki pengetahuan sistem dan mekanisme kerja komputer.

Untuk S-1 Sistem Komputer diharapkan dapat menyiapkan tenaga kerja potensial yang mampu menguasai dasar-dasar pengetahuan analisa dan perancangan sistem komputer, maintenace hardware, menguasai Programable Logic Controller (PLC) yang dijalankan lewat komputer atau robot perusahaan.

‘’S-1 Sistem Komputer juga menghasilkan lulusan yang mampu menguasai dasar dalam menginstalasi, memelihara dan merakit sistem komputer. Juga mampu mengikuti perkembangan  lmu pengetahuan dan teknologi secara intelektual, sosial dan kultural,’’ rincinya. Lulusan S-1 Sistem Informasi, lanjut Tenang, mampu menguasai perkembangan sistem informasi sehingga mampu menerjemahkan persyaratan operasional kedalam spesifikasi sistem informasi.

Disamping itu, kata Ketua Yayasan AMIKom,  S-1 Sistem Informasi juga memiliki pengetahuan mengelola sistem informasi baik dengan komputer maupun tanpa komputer. ‘’Juga mampu menguasai dasar-dasar ilmiah sistem pengetahuan dan metodologi sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuan,’’ katanya.

Sedangkan untuk D-3 Teknik Informatika mampu memahami konsep perangkat keras komputer dan mampu merancang rangkaian elektronik yang diaplikasika melalui komputer.  Ketua Yayasan AMIKom ini menambahkan, lulusan D-3 Teknik Informatika mampu melakukan pemeliharaan terhadap berbagai peralatan yang terotomatisasi secara komputer, khususnya sebagi peralatan elektronik dan mekanik.

Khusus bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, STIKom  menyediakan  beasiswa. ‘’Ada beasiswa Peningkatan Pretasi Akademik (PPA), Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), beasiswa yayasan, beasiswa Supersemar,  Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM) dan beasiswa dari mitra kerja. Kita juga memiliki beberapa organisasi kemahasiswa seperti Pema, programing club, Ikatan Mahasiswa Kristen (IKM) dan Keluarga Besar Mahasiswa Islam (KAMI),’’ katanya. (dmp)

Berita terkait:

FEATURE